Ini Makna Tema dan Logo HPN 2023

Jakarta, wartaterkini.news–Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 akan segera diselenggarakan pada tanggal 9 Februari 2023 mendatang. Hari Pers Nasional diperingati pada tanggal 9 Februari setiap tahun bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Lantas seperti apa peringatan Hari Pers Nasional tahun 2023? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang, simak serba-serbi peringatannya di tahun 2023 berikut ini.

Melansir situs Indonesia Baik, apa yang dimaksud dengan Hari Pers Nasional adalah hari nasional yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 9 Februari dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PWI.

Hari Pers Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) RI No. 5 tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985.

Dicetuskannya Hari Pers Nasional tak lepas dari peran wartawan sebagai aktivis pemberitaan yang membangkitkan kesadaran nasional masyarakat.

Sejarah Hari Pers Nasional juga erat kaitannya dengan lahirnya organisasi PWI yang dibentuk pada 9 Februari 1946.

Bahkan Hari Pers Nasional menjadi salah satu butir dari hasil Kongres PWI ke-28 di Padang pada tahun 1978. Dalam kongres tersebut, isu tentang Hari Pers Nasional tercetus dari keinginan tokoh-tokoh pers untuk memperingati kehadiran dan peran pers Indonesia dalam lingkup nasional.

Untuk diketahui, tokoh perintis Pers Nasional adalah Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo (Blora, 1880-1918) yang kini dikenal sebagai Bapak Pers Nasional karena jasanya sebagai perintis jurnalistik nasional.

Hingga kini setiap pada tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional. Oleh dewan pers, peringatan Hari Pers Nasional tanggal 9 Februari diselenggarakan tiap tahunnya secara bergantian di ibukota provinsi se-Indonesia.

Tema dan Logo Hari Pers Nasional 2023

Untuk tahun ini, peringatan Hari Pers Nasional 2023 diselenggarakan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Lantas apa tema dan logo peringatan Hari Pers Nasional 2023?

Melansir situs resminya, pemerintah Sumatera Utara mengusung Tema Hari Pers Nasional 2023 adalah ‘Pers Merdeka, demokrasi Bermartabat’.

Bersama dengan tema tersebut, dirilis pula logo Hari Pers Nasional 2023 dan maskotnya yang bisa akses melalui link di bawah ini:

Makna logo Hari Pers Nasional 2023 adalah:

Huruf (p) yang berwarna-warni dimaknakan sebagai keragaman komponen pers, sekaligus menegaskan kemeriahan pesta.

Untaian pita yang membentuk HPN dimaksudkan sebagai lambang pesta raya masyarakat pers, sedangkan jalinan pita dimaknakan sebagai sinergi antar komponennya.

Makna Maskot Hari Pers Nasional 2023 adalah:

Maskot Hari Pers Nasional 2023 adalah Harimau yang memiliki makna sebagai fauna Sumatera yang dilindungi.

Baru Oholu yang merupakan pakaian adat daerah Nias sebagai bagian dari adat budaya di Sumatera Utara. Baru Oholu ini melambangkan kekuatan, keberanian, dan kapabilitas para prajurit yang juga harus menjiwai pers nasional.

Pena merah menggambarkan kerja-kerja pers di tanah air dalam meningkatkan kompetensi.

Kamera sebagai salah satu alat jurnalistik yang menggambarkan teknologi dalam jurnalistik.

Peringatan Hari Pers Nasional 2023 di Medan, Sumatera Utara, akan diselenggarakan dengan berbagai kegiatan hingga acara puncak Hari Pers Nasional 9 Februari 2023. (Ril/Red)

slot demo
akun gacor
shopeepay
slot gacor 2023