Jelang Bulan Ramadhan Petugas Gabung di Kota Malang Gelar Razia Pekat

Malang Jatim, wartaterkini.co.id–Jelang bulan Ramadhan petugas lintas sektor yang terdiri dari TNI-Polri, Bea Cukai dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang dan Satpol PP Kota Malang gelar Operasi Gabungan Penyakit masyarakat (Pekat).

Operasi penyakit masyarakat (Pekat) ini digelar pada Selasa malam (14/3/2023) hingga Rabu dini hari (15/3/2023).

Operasi gabungan menjelang datangnya Bulan Ramadan ini menyasar sejumlah tempat hiburan malam, kafe dan tempat penginapan.

Kepala Bidang (Kabid) Ketenteraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Satpol PP Kota Malang, Rahmad Hidayat mengatakan dari operasi gabungan ini petugas menyita puluhan minuman beralkohol (minol).

Selain itu petugas juga menemukan, penjual tidak mengantongi izin jual dan ada yang memiliki izin namun menjual minuman yang kandungan alkoholnya tidak sesuai ketentuan di atas lima persen.

“Dari temuan ini, pemilik usaha atau penjual dikenakan sanksi tidak pidana ringan (tipiring) dan terancam dicabut izin usahanya”, ungkapnya

Lebih lanjut ia mengatakan saat petugas gabungan menyasar sebuah tempat penginapan, petugas mengamankan enam perempuan dan tiga laki-laki yang diduga pelaku prostitusi terselubung melalui aplikasi tertentu.

Sanksi serupa dikenakan kepada sembilan orang tersebut maupun bagi pemilik penginapan. Operasi ini sekaligus memberi peringatan keras bagi pemilik usaha tempat hiburan malam, kafe dan pelaku prostitusi daring.

“Sehingga saat Ramadan nanti akan memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dan khususnya umat muslim yang sedang menjalankan ibadahnya,” imbuhnya.

Lebih jauh Rahmad menyampaikan nantinya akan ada aturan berupa peraturan daerah, untuk mengatur dan mengikat para pelaku usaha agar saat Ramadan nanti tidak beroperasi.

“Adanya operasi ini mengacu kepada banyaknya aduan masyarakat, sehingga ke depan diharapkan masyarakat turut berpartisipasi lebih aktif selama Ramadan,” pungkasnya. (Narwan/Red)

slot demo
akun gacor
shopeepay
slot gacor 2023