Pelatihan Karir Holistik: UNIMMA Tingkatkan Softskills dan Keterampilan Profesional Dosen

UNIMMA Tingkatkan Softskills dan Keterampilan Profesional Dosen. (foto: UNIMMA)

Magelang Jateng, wartaterkini.co.id Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar Pelatihan Peningkatan Karir Holistik dengan tema “Mengasah Softskills dan Ketrampilan Profesional untuk Sukses di Era Modern”. Acara dihadiri oleh kepala divisi, ketua program studi (prodi), kepala bagian dan dosen di lingkungan UNIMMA pada Rabu (20/12/2023) di Aula Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Kampus 2 UNIMMA.

Rektor UNIMMA Dr. Lilik Andriyani, S.E., M.Si, dalam sambutannya mengatakan pertemuan tersebut sudah lama direncanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas softskill dosen dalam melakukan pembimbingan terhadap mahasiswa.

“Harapannya mahasiswa itu nanti lulus dari UNIMMA dan sebelum lulus pun bisa mampu mempersiapkan diri. Misalkan magang di industri mesti ada seleksi seperti wawancara dan seleksi macam-macam. Nah, harapannya dengan pelatihan ini Bapak Ibu dosen bisa membantu para mahasiswa untuk bisa bagaimana teknik wawancara, membuat lamaran dan teknik lainnya yang berguna untuk masuk dalam industri,” ujarnya.

Rektor juga menyampaikan pelatihan akan dilakukan secara berkelanjutan dan dengan kegiatan tersebut diharapkan UNIMMA mempunyai dunia usaha dan dunia industri kerja (dudika).

“Selanjutnya, harapannya dapat mendekatkan mahasiswa dengan dudika. Sehingga apa yang menjadi indikator kinerja di sisi pendidikan yaitu kelulusan, mahasiswa kita bisa diterima di dunia industri itu kurang dari 6 bulan dengan tambahan gaji 1,2% dari UMK,” tambahnya.

Pelatihan tersebut menghadirkan Nurul Huda, S.Kom, M.Kom, Rektor Institut Teknologi Statistika dan Bisnis (ITESA) Muhammadiyah Semarang yang mempunyai pengalaman di dunia industri Jepang selama 14 tahun.

Dalam materinya dipaparkan komunikasi efektif dan kepemimpinan, keterampilan teknis industri, kerjasama tim dan adaptabilitas, pengembangan profesional berkelanjutan. Kemudian etika kerja dan tanggung jawab profesional, pengetahuan industri dan pemahaman pasar serta pengelolaan waktu dan keseimbangan kehidupan. (Narwan)

slot demo
akun gacor
shopeepay
slot gacor 2023