Pemkab Ogan Ilir Gelar Itsbat Nikah Terpadu, Gratiskan Buku Nikah, Akta Kelahiran, dan Dokumen Kependudukan

Ogan Ilir Sumsel, wartaterkini.co.id– Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) menggelar Itsbat Nikah Terpadu di Aula Caram Seguguk pemda lama pada Selasa (5/12).

Kegiatan ini diikuti oleh 100 pasangan suami istri yang belum memiliki dokumen kependudukan, seperti Buku Nikah, Akta Kelahiran, dan Kartu Keluarga.

Kepala Dinas Dukcapil Ogan Ilir, Zaidan S.Sos., M.Si., mengatakan bahwa kegiatan Itsbat Nikah Terpadu ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Daerah Ogan Ilir dengan Kantor Kementerian Agama serta Pengadilan Agama Kayuagung.

Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pengesahan pernikahan agar pasangan suami istri dapat memiliki dokumen kependudukan yang sah.

“Kegiatan ini sangat penting bagi pasangan suami istri yang belum mengantongi dokumen pernikahan, seperti Buku Nikah, Akta Kelahiran, dan dokumen Kependudukan lainnya,” ujar Zaidan.

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan Itsbat Nikah Terpadu ini. Ia berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang.

“Saya berharap, semoga tahun depan Itsbat nikah ini jumlahnya akan lebih dari tahun ini, bahkan 1000 pasang pun tidak masalah, akan kita anggarkan,” ujar Panca.

Panca juga berharap agar kegiatan Itsbat Nikah Terpadu ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga peran aktif dari camat, lurah, dan kepala desa.

“Itsbat nikah ini bukan saja tanggungjawab Pemerintah, Camat tapi juga para Lurah dan Kepala Desa diharapkan peran aktifnya, mengingat Lurah dan Kepala Desa yang lebih tau tentang masyarakatnya,” tadas Bupati. (Arman/Red)

slot demo
akun gacor
shopeepay
slot gacor 2023