Piala Dunia U-17 2023 Jadikan Pura Mangkunegaran Mendunia

Jakarta, wartaterkini.co.id–Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunagoro X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo berharap gelaran Piala Dunia U-17 2023 turut menjadi katalisator situs sejarah dan kekayaan budaya Indonesia makin dikenal dunia. Imbasnya, Indonesia dan khususnya Kota Solo, Jawa Tengah menjadi tujuan utama wisatawan.

Hal tersebut dikatakan Kanjeng Gusti melalui pesan singkat kepada tim Pusat Informasi Piala Dunia U-17 2023, Kamis (30/11/2023).

“Kami berupaya memberikan pengalaman kebudayaan terbaik dan memberi kesan mendalam bagi para tamu atau pengunjung Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta, Jawa Tengah di momen Piala Dunia U-17 ini,” kata Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Kanjeng Gusti juga mengungkapkan bahwa beberapa tim kontestan bersama ofisialnya telah berkunjung dan melihat Pura Mangkunegaran. Dirinya pun memastikan jajaran keraton memberikan pelayanan maksimal untuk melayani para tamu tersebut dengan mengedepankan ciri budaya kesultanan yang kaya nilai sejarah.

Hal itu dipastikannya memberikan pengalaman baru yang belum pernah dijumpai di negara lain bagi tamu yang khusus datang karena bertepatan dengan gelaran Piala Dunia U-17.

“Selama pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023 ini beberapa ofisial tim sempat berkunjung ke Mangkunegaran. Berbaur dengan wisatawan asing lain yang berkunjung sambil menunggu jadwal pertandingan tim nasional negaranya,” kata Kanjeng Gusti.

Pada kesempatan lain, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Solo Siti Khotimah juga mengungkapkan bahwa Pura Mangkunegaraan menjadi pilihan wisata dari ofisial dan wisatawan asing di momen Piala Dunia. Kesunanan Surakarta Hadiningrat dikatakan Siti telah didengar oleh mereka namun belum pernah berkunjung langsung.

Maka itu di saat Piala Dunia memasuki jeda, beberapa dari ofisial tim menyempatkan diri untuk berkunjung. “Mereka kemudian ke Mangkunegaraan saat rest day atau waktu istirahat,” katanya.

Selain Mangkunegaran, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, yang menjadi salah satu ikon baru Kota Batik juga menjadi destinasi wisata para pemain dan ofisial.

Timnas Ekuador U-17 misalnya. Usai tersingkir setelah dikalahkan Brasil 1-3 di babak 16 besar mereka memilih menghabiskan waktu untuk menikmati suasana dan jalan-jalan di Kota Solo sebelum kembali ke negara asalnya. Salah satu yang dikunjungi adalah Masjid Raya Sheikh Zayed.

Dari gelaran Piala Dunia U-17 2023, tersisa empat tim yang masih akan bertanding di Stadion Manahan Solo. Mereka adalah Argentina dan Mali yang akan memperebutkan peringkat ketiga dan akan berlangsung pada Jumat 1 Desember 2023.

Di partai puncak pada Sabtu 2 Desember 2023, Prancis dan Jerman akan saling jegal guna memastikan siapa yang berhak menyandang Juara Dunia U-17 2023. (*)

slot demo
akun gacor
shopeepay
slot gacor 2023