Presiden Jokowi Dodo: Papua Jadi Prioritas Pembangunan Sejak 2014

Jakarta, wartaterkini.co.id–Komitmen pemerintah memprioritaskan pembangunan Papua dan wilayah sekitarnya dari berbagai sektor, telah ditunjukkan.

Dibuktikan, dari mulai pembangunan infrastruktur jalan Trans Papua sepanjang 3.462 kilometer (km), jalan perbatasan sepanjang 1.098 km, jembatan sepanjang 1,3 km, pembangunan bandara disejumlah wilayah di sekitar wilayah Papua dan pembangunan pos lintas batas. 

“Pembangunan kita ini sudah Indonesia sentris, bukan Jawa sentris. Dan tanah Papua menjadi prioritas pembangunan kita,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika meresmikan Papua Youth Center Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Papua pada Selasa (21/3/2023).

Total anggaran yang telah dikeluarkan untuk pembangunan dan disalurkan pada setiap tingkatan pemerintah daerah mencapai Rp1.036 triliun.

Anggaran masif yang dikeluarkan oleh pemerintah itu, telah dimulai semenjak 2014 lalu.  

Presiden pun mengimbau, masyarakat Papua turut berpartisipasi aktif dalam mengawasinya. Sehingga, setiap anggaran yang dikeluarkan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat di sana.

“Saya minta diawasi, dikawal, dilihat betul. Karena duitnya gede sekali yang ada di tanah Papua,” pungkas Presiden. 

Diketahui, Presiden Jokowi tiba di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dalam rangka kunjungan kerja pada Senin (20/3/2023), sekitar pukul 19.45 WIT.

Dikutip dari laman setkab.go.id menyebutkan, ketibaan Presiden di Provinsi Papua disambut oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Plh. Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun.

(Foto: BPMI Setpres)

slot demo
akun gacor
shopeepay
slot gacor 2023