Rektor UNIMMA Lawatan ke Malaysia, Tandatangani MoU Dengan UTP

Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, S.E., M.Si melakukan kunjungan ke beberapa perguruan tinggi di Malaysia, serta menandatangani MoU dengan Universiti Teknologi Petronas (UTP). (foto: UNIMMA/Narwan)

Magelang Jateng, wartaterkini.co.id Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) selalu meningkatkan jalinan kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri. Kali ini, Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, S.E., M.Si melakukan kunjungan ke beberapa perguruan tinggi di Malaysia.

Dalam lawatan itu Rektor UNIMMA bersama rombongan Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) dan Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah. Serangkaian agenda dilaksanakan pada Senin sampai dengan Selasa (06-07/11/2023).

Adapun peserta kegiatan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universiti Teknologi Petronas (UTP) dan kunjungan silaturahmi ke Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM).

Ketua Majelis Diktilitbang, Prof. Dr. Bambang Setiaji, M.Si, menyebutkan kunjungan penjajagan kerjasama PTMA dengan dua perguruan tinggi tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama internasional antara PTMA dengan universitas mitra.

“Stimulus dari Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah melalui program ini harus ditindaklanjuti oleh PTMA dengan aksi nyata terencana dan tersistematis. Sehingga PTMA tidak menjadi kolektor Memorandum of Understanding (MoU),” ujarnya.

Sementara itu, Vice Chancellor and CEO UTP, Prof. Ts. Dr.Mohamed Ibrahim A. Mutalib menyampaikan dengan adanya kerjasama antara UTP dengan Muhammadiyah diharapkan semakin memperkuat hubungan kerjasama yang telah terjalin sebelumnya antara UTP dengan beberapa PTMA.

“UTP membuka peluang untuk berbagai bentuk kerjasama. Bisa juga dilakukan joint research dengan PTMA. Seperti yang sudah dilakukan antara UTP dengan Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan Universitas Muhammadiyah Surakarta,” tuturnya.

Prof. Ibrahim juga menjelaskan ada 4 program kolaborasi dalam ekosistem akademik yang dapat dijadikan penggerak untuk perkembangan kedua belah pihak. Dimulai dengan outreach and platform, acceleration of commercialization, serta industry touch points berbarengan dengan working on aNEXUS Platform.

Rektor UNIMMA menyambut baik sekaligus menyampaikan akan merealisasikan poin-poin yang telah disepakati kedua belah pihak.

“Kami sangat bangga dan antusias untuk mengukuhkan kerjasama dengan UTP Malaysia. Kerja sama ini akan membawa manfaat besar bagi kedua lembaga dan membantu sivitas akademika UNIMMA untuk mendapatkan pengalaman internasional yang berharga. Kami berharap kerjasama ini akan menghasilkan berbagai pencapaian luar biasa dalam bidang pendidikan dan penelitian, hingga kelembagaan,” ungkapnya.

Selain mengunjungi UTP dan UMAM, rombongan juga bersilaturahmi ke Kantor Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Malaysia. (Narwan/Red)

slot demo
akun gacor
shopeepay
slot gacor 2023